Updated

Maaf baru bisa Update.Utk pertanyaan dan pemesanan, bisa langsung menghubungi contact info yg ada di halaman ini. Trims.

Murah....... Namun Berkualitas .....Penuh Kreasi dan Inovasi

Ide kita bersama.... Kami mewujudkan untuk anda....
Hubungi saya :

Soeripto: HP : 0818-687205 . YM ID: soeripto2003, email: soeripto2003@yahoo.com
PerumTmn Narogong Indah - BekasiTimur

Senin, 04 Januari 2010

Memasang Lampu H4 Di Motor


Lampu H4. Apasih itu ? Lampu ini umumnya dipasang di mobil, H4 adalah Type bohlam ( konektornya ). Kelebihannya adalah karena bentuknya yg memiliki reflektor, sehingga bentuk sinarnya seperti setengah lingkaran, pada posisi Low Beam. Sewaktu dipasang di motor Thunder, saya belum tahu, koq sinarnya ngga full bulat? Ternyata ada fungsinya yaitu pengendara di depan tidak terkena langsung sinar lampu ( tidak menyilaukan ). Sedangkan pada posisi Hh hh Hi Beam, nyalanya full bulat. Dan yang lebih menguntungkan lagi kalau jalan malam, kita bisa melihat petunjuk arah tempat atau kota dari jarak jauh, dengan menekan Hi Beam. Pancaran sinar lampu H4 ini cukup jauh, jarak lebih dari 100 meter masih terlihat jelas, sangat berguna untuk jalan keluar kota.


Mangkok Autopal dan Bohlam H4

Dibandingkan dengan lampu asli Thunder, jauh sekali perbedaanya. Lampu H4 ini lebih jauh pancaran sinarnya, juga lebih terang. Jelas lebih terang karena memang lampunya dari sebelumnya lampu standar 35Watt , sekarang menjadi 55/60 Watt. Jadi hampir 2xnya. Pemasangan H4 di motor Suzuki Thunder kesayangan , tidak ada masalah kelistrikan. Sedangkan mangkok asli, khawatir akan buram atau meleleh untuk waktu yg lama, maka batok lampu diganti merk Autopal, karena memiliki reflektor dari logam dan kaca depan dari beling ( kaca). Selain itu, pemilihan merk Autopal ini karena lebih banyak yg menjual dan dengan harga yg cukup terjangkau. Karena tidak ada lobang lampu senja, maka perlu dibuatkan lobang .Karena ukurannya lbh besar dari mangkok aslinya, maka Ring lampu pakai Tiger atau Megapro imitasi, yg diambil ringnya. Kalau di tukang Accs bekas ada yg jual, sebaiknya pakai yg bekas saja, karena yg diambil cuma ringnya.


Lampu H4 di Suzuki Thunder

Kelistrikan Thunder menggunakan H4 tidak ada kendala, tinggal sedikit modifikasi, lalu Plug & Play, Apa karena Thunder memakai system DC ? Yg kata orang lbh bagus ? Pernah mencoba di Scorpio teman, baru sebentar aki tekor, tapi belum solved problem, apa memang kerena accunya sudah tekor, atau kiproknya kurang bagus. Analisa sementara memang dari kiprok tegangan untuk charging accu kurang tinggi saat mesin hidup kurang dari 14VDC. Tapi diluar masalah tersebut diatas, lampu H4 bisa dipasang di Scorpio, dengan sementara masih menggunakan system AC sesuai aslinya ( mangambil dari spul) .Pernah ada pesanan untuk Megapro,, sejauh ini tidak ada kendala. Untuk motor selain Thunder, Mega Pro dan Tiger ( belum pernah mencoba ) menurut kabar, system spul + kiprok diganti dengan Tiger punya karena FullWave. Bahkan ada yg bilang ganti dengan System Thunder, karena 3 Wave, mungkin seperti listrik, 3 fase maksudnya.


Di internet tentu banyak pembahasan mengenai cara yg dimaksud diatas, tapi dlm blog saya, saya ingin melengkapi dengan menambahkan dan menjelaskan skema dan wiring diagram, yang mungkin di web lain kurang lengkap. Wiring Diagram ini bisa untuk motor system AC atau DC.


Sayang, umumnya lampu H4 baru bisa dipasang di motor "lelaki" karena mudahnya mengganti mangkok dari bahan beling dan reflektor dari logam, dikarenakan panas, dan untuk jangka waktu lama, agar batok lampu tidak buram atau meleleh, . namun tidak menutup kemungkinan di motor bebek,dengan mencoba dulu pakai batok lampu imitasi, atau menggunakan batok asli, tapi pakai bohlam H4 35Watt. Saya pernah dengar ada yg jual bohlam H4/35Watt tersebut. Siapa mau mencoba ?


Bagi pembaca yang ingin mencoba pasang lampu H4 dimotornya, silahkan pelajari gambar dibawah ini. Namun kalau kurang mengerti kelistrikan, saya bisa pasang di motor pembaca. Silahkan datang ke rumah di Bekasi Timur atau menghubungi saya untuk pesanan ke luar kota. Perkiraan biaya untuk bahan dan pemasangan menghabiskan biaya sekitar 250 ribu.





2 komentar:

  1. masih aktif gak ya?
    kalo masih, mau tanya dong om,
    ada yang pake reflektor autopal yang bentuknya gak bulet (agak kotak cenderung oval)
    nah, yang ingin saya tanya, bisa gak semua reflektor (termasuk reflektor motor bebek) dipasang lampu H4 (35W untuk bebek), saya mau pasang di supra X saya, berapa kisaran harganya?
    terimakasih.

    BalasHapus