Updated

Maaf baru bisa Update.Utk pertanyaan dan pemesanan, bisa langsung menghubungi contact info yg ada di halaman ini. Trims.

Murah....... Namun Berkualitas .....Penuh Kreasi dan Inovasi

Ide kita bersama.... Kami mewujudkan untuk anda....
Hubungi saya :

Soeripto: HP : 0818-687205 . YM ID: soeripto2003, email: soeripto2003@yahoo.com
PerumTmn Narogong Indah - BekasiTimur

Selasa, 13 April 2010

Merubah system Head Lamp AC menjadi DC ???? Bisa Dooong

Berbekal dari keinginan pelanggan untuk membuat Headlamp menyala tanpa menghidupkan mesin, di motor Suzuki Sky Wave penulis mencoba untuk dapat mengerjakannya.

Pertama – tama penulis memberi masukkan kepada pelanggan, kalau diambil tegangan +12V dari aki setelah sekering, langsung menuju saklar lampu, bisa saja, tapi nanti kalau lupa atau ada orang yg iseng menghidupkan saklar lampu, aki akan habis, walau mesin motor bisa hidup tanpa aki, tapi system kelistrikan untuk yg lain misalnya klakson, lampu sein atau rem akan terganggu.

Akhirnya disetujui untuk mengambil tegangan +12V untuk supply Head Lamp dari Aki, tapi On/Off lampu tetap melalui kunci kontak.Maka dari aki setelah sekering, penulis menarik kabel baru yg diameternya lebih besar. Disini penulis menggunakan kabel listrik yg serabut, karena lebih mudah dicari, dengan diamater 2.5 mm, kemudian kabel tersebut dihubungkan ke kontak relay.Sedangkan coil relay, dihubungkan ke ground ( body ) dan + 12v yg diambil setelah kunci kontak.

Setelah selesai dirakit, user mencoba, kontak dihidupkan lampu depan dinyalakan… lampu depan langsung menyala tanpa menghidupkan mesin. Tapi penulis mengingatkan ,agar diperhatikan kalau aki tekor agar menghubungi penulis lagi.

Keesokan harinya dapat kabar, setelah dipakai beberapa jam, aki mulai tekor. Lampu tetap menyala, tapi electric stater tidak kuat menghidupkan mesin. Lampu sein juga kurang normal berkedip.

Dengan pemikiran sederhana.. mengingat basic pembuatan power supply ( adaptor ) dari AC PLN, maka tegangan AC dari spul, dilewatkan sebuah Dioda 5 Ampere dengan pertimbangan arus ke Headlamp tidak lebih dari 60Watt ( 5Ampere x 12V ) lalu di parallel sebuah kapasitor 1000uF/25V ( Nilai uF lebih besar lebih bagus). Tegangan DC dari spul ini diumpankan ( digabungkan / paralel ) dengan tegangan +12V dari aki, maka diharapkan kerja aki bisa dibantu oleh spul.Al hasil, kondisi awal, aki yg bekerja, mesin dalam kondisi mati. Sedangkan pada saat mesin hidup, DC dari spul + DC dari aki bekerja sama untuk mensupply Headlamp, dengan demikian, daya yg dikeluarkan oleh aki tidak seberat jika tanpa DC dari spul.

Testimoni.. sudah hampir seminggu dipasang, ternyata aki tidak drop, dan kondisi kelistrikan tidak ada kendala. Ternyata nyala lampu depan juga lebih terang hampir 100%...ckckckck…Hanya dengan mengeluarkan biaya spare part ngga lebih dari 30rb untuk pembelian sebuah relay, dioda 5 ampere, kapasitor dan kabel.

Kondisi lain,untuk lebih menghemat daya dan menjaga agar aki lebih kuat,penulis anjurkan untuk mangganti stop lamp, lampu sein termasuk indikator di speedometer dari bohlam menjadi LED.

Seperti yg penulis lakukan dimotor pribadi Suzuki Thunder.Dengan Aki standar (12V/7AH), terpasang Head Lamp H4(55/60W),Klakson Keong, Sound System, Stoplamp + Sein dan Accs lampu - lampu menggunakan LED. Banyak orang heran dan menanyakan, aki ngga tekor? pakai berapa aki ? Dgn senyuman saya jawab, ngga tekor koq... Aki juga standar... ckckckc....

Berbekal pengalaman tadi, kemungkinan semua motor dgn head lamp system AC, bisa dibuat menjadi DC, tanpa kendala. Kecuali pada motor lelaki kalau head lamp diganti menggunakan bohlam H4 dan menaikkan daya menjadi 55/60W , perlu di cek system kelistrikan yg lain. Tapi cara paling sederhana tersebut diatas bisa dicoba di motor lelaki...…Siapa mau mencoba ???? Silahkan menghubungi penulis, atau datang langsung ke rumah di Bekasi Timur

Seperti janji penulis sebelumnya untuk menyertakan wiring diagram,ini lah gambarnya.



Salam,

Soeripto
YM: soeripto2003
Hp: 0818-687205, 021-33520583